Pertemuan 4,5, dan 6.
Teknologi Wireless
dan Terminal
Wireless
Wireless adalah proses mengirimkan informasi dengan
tanpa perantara kabel. Cara kerjanya dengan mengubah data digital menjadi data
sinyal elektromagnetik dan kemudian dipancarkan ke tempat tujuan. Kemudian oleh
penerima sinyal elektromagnetik tadi diubah kembali menjadi data digital.
Keunggulan jaringan wireless atau nirkabel, antara lain :
- Mobilitas.
- Kecepatan instalasi.
- Fleksibilitas tempat.
- Pengurangan anggaran biaya.
- Kemampuan jangkauan.
Kekurangan jaringan wireless,
antara lain:
- Transmisi data hanya 1 - 2 Mbps yang jumahnya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan jaringan wireline.
- Transmisi data dari komputer yang berbeda mengganggu satu sama lainnya.
- Biaya peralatan jaringan wireless mahal.
- Adanya delay atau waktu koneksi yang besar pada jaringan ini.
- Adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul, dan banyak interferensi.
- Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan yang disebabkan spektrumnya tidak besar (dikarenakan pita frekuensi tidak dapat diperlebar).
- Keamanan data atau kerahasiaan dari data kurang terjamin.
- Sinyalnya dapat mengalami putus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh benda yang menghalangi sinyal.
Biasanya data ditampilkan pada komputer pada jarak
jauh atau dekat yang disebut dengan terminal. Fungsi dasarnya adalah untuk
berhubungan dengan komputer host. Terminal juga dikenali dengan beberapa
istilah, seperti: CRT – Cathode Ray Tube, VDT -Video Display Terminal atau
display station.
Terminal dibagi atas 3 jenis, yaitu:
1.
Terminal dungu (dumb), yaitu
terminal yang berfungsi hanya berupaya menghantar setiap karakter yang
dikirimkan ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.
2.
Terminal ’smart’ , yaitu terminal yang berfungsi menghantarkan informasi
tambahan selain apa yang dikirim oleh pemakai seperti kode tertentu untuk
menghindari kesalahan data yang terjadi.
3.
Terminal pintar (intelligent),
yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat fungsi-fungsi tambahan
seperti kontrol terhadap penyimpanan ke storage dan menampilkan lay-out data
dari host dengan lebih bagus.
Pada saat terminal/client/terminal/client melakukan proses booting, garis
besar proses yang dijalankan adalah:
1.
Mencari alamat ip dari dhcp
server.
2.
Mengambil kernel dari tftp server.
3.
Menjalankan sistem file root dari
nfs server.
4.
Mengambil program X-server ke
dalam memory dan mulai menjalankannya.
5.
Melakukan hubungan dengan xdm
server dan user login ke dalam xdm server.
Dalam contoh kasus diatas, dhcp server, tftp server,
nfs server dan xdm server berada dalam satu mesin komputer atau disebut server.
Pada saat komputer terminal/client selesai melakukan proses booting dan user
login ke dalam server, beberapa program aplikasi akan berjalan didalam server
tetapi output / tampilan akan berada pada komputer terminal/client. Ini adalah
teori dasar dari x-windows ltsp. Komputer terminal/client hanya berjalan pada
linux kernel, Xfree86, Init dan print server daemon untuk melakukan pencetakan
ke dalam lokal printer. Karena progaram ini adalah sangat kecil agar dapat
dijalankan padakomputer` terminal/client maka kita dapat melakukan penghematan
daya listrik dengan memakai power yang rendah dan dapat dijalankan dengan
menggunakan komputer 486 16mb untuk ram dengan tampilan x window
terminal/client (tanpa harddisk). Bila kita menggunakan beberapa komputer
terminal/client dengan satu server permasalahan yang timbul jika komputer
terminal/client akan berjalan, komputer terminal/client akan butuh untuk
menulis beberapa files ke dalam server, dan juga komputer terminal/client
membutuhkan untuk menghubungkan beberapa sistem file root. Jika mempunyai 50
komputer terminal/client kita membutuhkan 50 bagian direktori yang harus
diexported. Ini adalah salah satu kenyataan dan tantangan yang harus di coba
untuk ditangani. Garis besarnya, tutorial singkat ini akan memberikan contoh
konfigurasi file dan program yang dibutuhkan agar komputer terminal/client
dapat berjalan pada saat di booting. Beberapa komputer terminal/client
mempunyai spesifikasi perangkat keras yang berbeda. Seperti lan card, vga card
dan type.
Fitur pada antarmuka telematika
Antarmuka pemakai (User
Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem.
Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna
(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu
mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User interface, berfungsi untuk
menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES),
menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara
menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap
suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan
dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan
dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Pengertian antarmuka ( interface)
adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana
interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis
antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana
pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna
menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara
mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama,
tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya.
UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya.
Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command
Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell.
Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple
namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui
gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing
device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Teknologi yang Terkait Interface Telematika
1.
HEAD UP DISPLAY
SYSTEM
Head Up Display
Sistem umumnya banyak digunakan pada penerbangan-penerbangan militer, seperti
contohnya pada pesawat siluman milik TNI Angkatan Udara. Head Up Display System
(HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan
kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke
arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan
militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraan
bermotor dan aplikasi lainnya
2.
TANGIBLE
Sebuah user
interface yang nyata (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama awal
Graspable User Interface, yang tidak lagi digunakan.
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Media Group Berwujud. visi tertentu Nya bagi UIS nyata, yang disebut Bits Tangible, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan mencolok. bit Berwujud mengejar kopling mulus antara dua dunia yang sangat berbeda dari bit dan atom.
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Media Group Berwujud. visi tertentu Nya bagi UIS nyata, yang disebut Bits Tangible, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan mencolok. bit Berwujud mengejar kopling mulus antara dua dunia yang sangat berbeda dari bit dan atom.
Karakteristik
Antarmuka Pengguna Tangible
a.
Representasi
fisik adalah komputasi digabungkan dengan informasi digital yang mendasari.
b.
Representasi
fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
c.
Representasi
fisik adalah perseptual digabungkan dengan representasi digital secara aktif
dimediasi.
d.
Keadaan fisik
tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital sistem.
3.
COMPUTER VISION
Computer Vision
sering didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang
mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati/ diobservasi.
Cabang ilmu ini bersama Intelijensia Semu (Artificial Intelligence) akan mampu
menghasilkan sistem intelijen visual (Visual Intelligence System). Selain itu
definisi lain adalah Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan
dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi
berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan
buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat
dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera,
data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan bidang
yang berhubungan dengan proses transformasi citra/gambar (image). Proses ini
bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih baik.
Sedangkan Pengenalan Pola (Pattern Recognition),
bidang ini berhubungan dengan proses identifikasi obyek pada citra atau
interpretasi citra. Proses ini bertujuan untuk mengekstrak informasi/pesan yang
disampaikan oleh gambar/citra.
4.
BROWSING AUDIO
DATA
Sebuah metode
browsing jaringan disediakan untuk browsing video/audio data yang ditembak oleh
sebuah IP kamera. Jaringan video/audio metode browsing sesuai mencakup
langkah-langkah dari:
(i)
Menjalankan
sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang
disimpan dalam kamera IP,
(ii)
Transmisi untuk
mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh
program aplikasi,
(iii)
Mendapatkan
kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera
dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server
pribadi dan
(iv)
Kopel ke layanan
server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video/audio
data yang ditembak oleh kamera IP, di mana server layanan menangkap video/audio
data yang ditembak oleh kamera IP melalui Internet. Penemuan berkaitan dengan
sistem dan metode untuk browsing video/audio data, lebih khusus ke jaringan
video/audio sistem browsing dan metode yang akan diatur dalam sebuah IP kamera
(juga disebut sebagai kamera jaringan) untuk browsing video/audio data yang
ditembak oleh kamera IP. Sebagai kemajuan teknologi jaringan, semakin banyak
diterapkan jaringan produk yang dibuat terus-menerus. Salah satu yang paling
umum diterapkan jaringan yang dikenal adalah produk kamera IP, yang dapat
menampilkan isi (video/audio data) melalui Internet. Kamera IP biasanya
terhubung ke jaringan melalui router, dan memiliki sebuah IP (Internet
Protocol) address setelah operasi sambungan. Jaringan video/audio sistem
browsing penemuan yang sekarang digunakan untuk browsing video / audio data
yang ditembak oleh sebuah IP kamera. Sistem penjelajahan termasuk DDNS (Dynamic
Domain Name Server), sebuah IP kamera disimpan dengan kode identifikasi, sebuah
layanan server, sebuah komputer lokal dan setidaknya satu client. Masing-masing
item sebelumnya terhubung ke Internet.
5.
SPEECH
RECOGNITION
Speech
Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh
microphone atau telepon, untuk merangkai kata kata. Kata - kata yang dikenali
bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command &
control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
Speech
recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah satu perangkat speech
recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963 melalui New York
World's Fair.
CONTOH DARI PENGGUNAAN SPEECH
RECOGNITION
Seperti halnya keyboard yang membuat user bisa
memasukan perintah ke dalam komputer, dan mouse untuk mengubah posisi dimana
anda inginkan, menjalankan file, speech adalah sebuah dimensi baru dari dengan
kontrol yang fokus terhadap perintah, bukan lokasi. Jadi kalian tinggal
mengatakan perintah dengan bahasa inggris lalu komputer akan menjalankan
perintah kalian. Hal ini juga bisa dilakukan untuk pengetikan. Tetapi pronouncesnya
harus bagus. Bila pronounces anda tidak pas kemungkinan besar windows tidak
mengenali dan eksekusi perintah tidak bisa dijalankan. Speech Recognition di
windows 7 membuat bisa memerintah PC dengan suara anda dengan kemampuan untuk
mendikte hampir ke berbagai aplikasi Anda dapat mendikte dokumen dan email dan
berinternetan ria dengan mengatakan apa yang anda lihat.
Sebelum anda menggunakan fitur ini, ada beberapa hal
yang harus dilakukan. Tidak seperti mouse dan keyboard, dimana tekanan jari
dikonversikan ke tekanan elektronik konstan, sedangkan suara memiliki variasi -
variasi. Jadi software-nya perlu dilatih.
kita membutuhkan microphone yang bagus. Hindarilah
microphone yang murah karena biasanya mereka menimbulkan berbagai suara.
Sehingga tidak menimbulkan kesan bising, lalu buatlah voice profile dan
latihlah komputer untuk mengidentifikasi suara dan pronouncesnya. Lalu lakukan
langkah-langkah berikut :
-> Klik the Start button
-> Klik Control Panel
-> Klik Ease of Access
-> Klik Speech Recognition
-> Klik Take Speech Tutorial
Speech
Recognition hanya tersedia di bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman,
Jepang, China.
6.
SPEECH SINTESIS
Speech sintesis
adalah buatan ucapan manusia. Sebuah sistem komputer yang digunakan untuk
tujuan ini disebut speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan dalam
perangkat lunak atau perangkat keras. A text-to-speech (TTS) sistem bahasa
normal mengkonversi teks ke dalam speech; sistem lain yang memberikan
representasi linguistik simbolis seperti transkripsi fonetik bicara. Speech
buatan dapat dibuat dengan potongan-potongan concatenating speech yang direkam
disimpan dalam database. Sistem berbeda dalam ukuran speech yang disimpan unit;
sebuah sistem yang menyimpan telepon atau diphones memberikan output terbesar
jangkauan, tapi mungkin kurang jelas. Untuk keperluan khusus domain, yang
menyimpan seluruh kata-kata atau kalimat memungkinkan output yang berkualitas
tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan model sistem vokal dan
karakteristik suara manusia lain untuk membuat yang benar-benar
"sintetik" output suara.
http://nindyauntari.blogspot.com/2010/11/pengertian-dan-contoh-macam-macam.html
http://wennyween.blogspot.com/2012/11/fitur-pada-antarmuka.html
http://asep10106240.wordpress.com/2009/12/10/teknologi-terminal/
http://www.galeripustaka.com/2013/07/fungsi-dan-cara-kerja-jaringan-telekomunikasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar