Sabtu, 06 Oktober 2012

PLAGIARISME


PLAGIARISME
Saat-saat ini marak sekali terjadi nya pelanggaran plagiarisme dalam hal karya yang di ambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan pribadi nya. Masalah plagiarisme sering terjadi dalam dunia akademis dan entertainment karena dalam hal kedua nya sangat mudah untuk meniru, mengambil, menjiplak hasil karya orang. Sebelum memulai untuk membahas dari kedua titik masalah tersebut baik nya kita membahas terlebih dahulu apa itu PLAGIARISME ? .

Plagiarisme adalah mencuri atau meniru, memakai, menggunakan hasil karya orang lain tanpa seijin dari yang mempunyai karya tersebut dan menjadikan nya karya sendiri. Plagiarisme biasa terjadi dimana pun dan kapan pun karena kegiatan ini sangat mudah di lakukan oleh siapa pun jika dia tidak memikirkan akibat baik dan buruknya maka itu akan menjadi masalah bagi nya. Jenis” plagiarism dapat terbagi menjadi 4 macam yaitu :
1.    Copy & Paste adalah salah satu plagiarisme. Yang meniru atau mengutip langsung dari apa yang di dapat dan tanpa memberikan refrensi atau sumber yang ada.
2.   Meniru ide seseorang dari apa yang di dapat itu pun termasuk sebuah plagiarisme. Karena ide tersebut telah terlebih dahulu di gunakan oleh orang tersebut jika kita meniru ide tersebut maka kita bias di bilang sebagai plagiarisme.
3.   Meniru gaya pengkutipan dari seseorang adalah plagiarisme. Meskipun tidak sama persis dari apa yang sudah di tiru itu pun sama dengan seorang plagiarisme. Bahkan jika seorang penulis mengambil kutipan dari orang seharus nya ia menambahkan sumber dari apa yang ia dapat.



4.   Merubah bahasa atau tulisan orang lain dengan bahasa sendiri termasuk plagiarisme. Kenapa hal ini masih di katakan dengan plagiarisme ? karena orang yang menyalin tulisan kita walaupun dia sudah merubah nya dengan bahasa nya sendiri jika tidak menyertakan sebuah sumber nya itu pun masih di bilang plagiarisme. Jadi sebaik nya jika kita kutipan dari orang sebaik nya kita menyertakan sebuah sumber dari yang kita dapat dan menyertakan dalam tulisan kita.
Sekarang kita akan membahas masalah plagiarisme di dalam dunia akademis dan entertaimant. Pertama kita membahas dalam dunia akademis, dalam dunia akademis sering diketahui juga bisa disebut dalam dunia mahasiswa. Seperti saat ini kegiatan perkuliahan mahasiswa yang mendapatkan tugas dari para dosennya seperti membuat tulisan softkill untuk melatih kreatif dan inovatis mahasiswa dalam berkarya dengan tulisan. Karena dari sebuah tulisan yang pernah dibuat oleh mahasiswa bisa mendapat keuntungan yang lebih. Tapi itu pun tidak semua mahasiswa dapat melakukannya dengan tulisan nya sendiri ataupun pemikiran nya sendiri sehingga terkadang tulisan yang ia tulis terkadang harus meniru dari orang tapi. Namun tidak semua mahasiswa melakukan hal yang seperti itu oleh karena nya harus bisa lebih kretif untuk menulis sebuah karangan sendiri.
Yang kedua kita membahas masalah yang ada di dalam dunia enteraiment. Seperti saat ini dalam dunia permusikan atau pun grup yang terbentuk dengan nama boy band atau pun girl band saat ini sedang di isukan banyak menjiplak atau yang lebih tepat sebagai plagiarisme. Dalam dunia boy dan girl band yang awal nya terlahir dari Negara korea saat ini isu tak sedap dari Indonesia meniru apa yang sudah ada di korea itu. Namun sebuah plagiarisme mungkin takkan bisa lepas dari setiap orang dan kita juga tidak bisa menuduh orang itu sebagai plagiarisme.
Apakah plagiarisme dapat di kategori kan sebagai hal yang baik atau yang buruk ?mungkin sebagian orang dapat mengatakan nya sebagai hal yang baik dan sebagian juga mengatakan sebagai yang buruk. Karena apa bisa di katakan sebagai yang buruk ? karena itu meniru hasil karya orang yang diciptakan nya dan bagaimana pula bisa di katakan hal baik ? mungkin tidak. Jadi kita harus bisa menjunjung kejujuran dari sebuah karya seseorang dan menjauhi plagiarisme supaya tidak dapat merugikan orang lain yang telah menciptakannya.
http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/28/5-jenis-plagiarisme/


























  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar